Saham Vs Properti, Investasi Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Pada dasarnya, investasi saham adalah peluang emas untuk menjadi mapan secara finansial. Apalagi bagi anak muda yang bercita-cita menjadi kaya di masa depan. Nah, salah satu jalan terbaik untuk menggapai financial freedom yaitu dengan investasi saham.

Soal keuntungannya, profit dari reksadana memang nggak sebesar keuntungan bermain saham. Meksipun terdengar menjanjikan, investasi juga tetap mempunyai risiko. Oleh karena itu, setiap orang yang ingin berinvestasi harus hati-hati saat memilih instrumen investasi. Tujuannya jelas agar investasi yang dilakukan benar-benar bisa menguntungkan.

Saran saya lakukan analisa fundamental dan pendekatan worth investing untuk investasi saham dalam jangka panjang. Saya menyaksikan di channel U Tube ‘Investor Receh’ yang melakukan simulasi menarik soal saham blue chip. Menurut saya, salah satu keunggulan TLKM dibandingkan operator lain adalah karena perusahaan BUMN maka dukungan investasi modal sangat kuat, syarat penting dalam persaingan telko yang padat modal. Berikut ini grafik harga saham BBCA dalam 10 tahun terakhir, yang sudah bisa menjelaskan, self-explanatory, kenapa BBCA menjadi saham dengan kapitalisasi pasar terbesar di BEI saat ini. Saham blue chip umumnya banyak diminati untuk diperdagangkan baik oleh perorangan, investor, atau pun lembaga. Saham yang termasuk dalam kategori blue chip sudah pasti berada dalam daftar saham terakhir pada bursa.

Bagi Anda yang ingin berinvestasi saham, ada baiknya untuk memperhatikan sektor saham apa saja yang potensial di lantai bursa agar Anda bisa mendapatkan cuan dengan keuntungan yang tinggi. Cari itu terlebih dahulu mengenai apa itu saha dan apa saja risiko serta keuntungan dari investasi saham itu sendiri. Selain itu, jangan lupa juga untuk kenali dan pelajari produk investasi saham yang tersedia saat ini. Setiap perusahaan sekuritas tentu memberlakukan persyaratan dan memiliki persyaratan yang berbeda-beda, dan inilah yang menjadi tugas utama kamu, yaitu mempelajari investasi saham sebanyak-banyaknya. Meskipun di dalam investasi saham kamu berpeluang untuk mendapatkan capital gain dalam jumlah yang fantastis, namun risiko capital loss atau penurunan harga saham pun tidak dapat dihindari.

Saham yang menguntungkan

Investasi saham menjadi salah satu investasi yang sedang naik daun, karena terbilang menguntungkan dan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulai menabung saham. Coba tanyakan dulu ke dirimu, tujuan beli sahamnya untuk investasi jangka panjang atau pendek? Kalau memang kamu ingin menjadi trader saham aktif, kamu harus bisa menganalisa saham-saham apa yang kondisinya uptrend, atau mengalami kenaikan. Dengan waktu yang dimilikinya, trader tersebut dapat mengikuti pergerakan harga saham dari detik ke detik, menit ke menit. Hal tersebut tentu saja tidak cocok, katakanlah bagi pekerja yang memiliki kegiatan lain pada saat jam bursa. Instrumen investasi jangka panjang berikutnya adalah reksa dana.

Misalnya Rp 80 juta disisihkan untuk usaha, Rp 20 juta anda ambil untuk pribadi. Rp 80 juta itu disebut sebagai Laba Ditahan, dan Rp 20 juta itu disebut dividen. Sehingga, si investor tadi akan mendapatkan dividen senilai $ 2.820 (ditambah dividen yang dibagikan tahun-tahun sebelumnya). Si investor untung dari dividen Tapi apakah hanya ‘sekecil’ itu keuntungan si investor tadi? Referensi yang bisa digunakan seperti indikator kelayakan saham dan rekomendasi saham untuk jangka panjang. Dua komponen ini akan membantu Anda dalam mempertimbangkan mana saham yang harus dipilih untuk investasi dalam waktu yang tidak sebentar.

Menggunakan ilustrasi usaha properti seperti di atas saya rasa adalah cara paling sederhana dan mudah dimengerti dalam menjelaskan tentang capital achieve di dalam sebuah perusahaan. Karena harga properti cenderung selalu naik sehingga ada capital acquire. Sama halnya dengan perusahaan yang selalu diproyeksikan dan diupayakan untuk terus berkembang dan working profitnya terus naik.

Rinda