Cara Membeli Saham Emiten Bumn Bagi Pemula

Alih-alih melepas saham yang dimiliki, Anda justru bisa beruntung dengan cara membeli sejumlah saham baru di saat terjadi penurunan saham. Tetaplah memegang prinsip bahwa saham merupakan investasi jangka panjang, dan baru akan memberikan imbal hasil maksimal setelah belasan atau bahkan puluhan tahun yang akan datang. Menurut Head of Research RHB Sekuritas Indonesia, Andrey Wijaya mengatakan ada hal-hal yang harus diperhatikan pertama kali sebelum bermain saham, Bun. ETF sendiri merupakan salah satu saham yang diperdagangkan di BEI namun karakteristiknya berbeda dari saham terbitan perusahaan.

Terdapat berbagai ideas dan cara bermain saham dengan modal kecil, tapi dapat mendatangkan penghasilan berkali-kali lipat. Dengan diversifikasi, Anda dapat mengoptimalkan keuntungan dan meminimalisir resiko pasar. Diversifikasi sangat berguna untuk menjaga kestabilan aset Anda. Sebagai contoh, Anda dapat memilih tiga jenis saham blue chip di sektor yang berbeda, misalnya perbankan, konsumsi serta energi. Ketika sentimen suku bunga mempengaruhi pergerakan saham perbankan, Anda masih bisa bernafas lega karena saham konsumsi yang Anda miliki masih aman-aman saja. Di sisi lain, untuk memulai berinvestasi saham juga semakin mudah dengan adanya layanan online.

Tips bermain saham

Setelah rekening efek jadi dan aplikasi trading sudah tersedia di laptop computer maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah high up atau transfer dana ke rekening efek tersebut. Banyak orang yang masih ragu atau takut kehilangan uang karena bermain saham. Tidak perlu khawatir karena investor pemula bisa memulai investasi saham dengan Rp 5 ribu saja sebab ada banyak saham yang harganya cuma Rp 50 per lembar. Sekarang kamu bisa membuka rekening saham on-line dengan mudah melalui Ajaib Sekuritas. Kamu hanya perlu mendownload aplikasi Ajaib dan mengikuti langkahnya di sana. Selain itu, kamu juga bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja, tanpa perlu mendatangi kantor sekuritas tersebut.

Misalnya, tentukan target keuntungan 3%-5% dengan titik reduce loss jika harga turun 2%. Jadi, saat kamu melakukan pengecekan akun sahammu dan ternyata ada saham yang naik banyak, maka yang harus kamu lakukan adalah dengan mengecek valuasinya, baik itu PBV atau PERnya. Jika ternyata sudah mahal dan mulai berhenti melakukan kenaikan maka kamu bisa jual dulu dan cari saham yang murah lagi.

Memilih saham yang tepat memang sama sulitnya dengan memilih dealer yang tepat. Cobalah Anda pelajari profil tiap perusahaan penerbit saham tsb. Walaupun sejarah masa lalu tidak dapat mencerminkan apa yang akan terjadi, namun history dari pergerakan saham ini dapat menambah keyakinan Anda mana yang kira-kira cocok buat Anda jadikan investasi. Selain itu, Anda pun dapat memanfaatkan program menabung saham BEI . Dengan program ini, Anda yang pelajar sekalipun dapat berkesempatan memiliki saham BEI dengan cara menabung. Jadi nantinya Anda diharuskan membuat rekening tabungan saham di bank-bank atau lembaga keuangan yang bekerjasama.

Rinda