5 Cara Agar Tetap Fokus Saat Bekerja Di Rumah

Bisalah mengusahakannya bersama, biar sama-sama enak dan punya waktu yang baik dan berkualitas untuk anak-anak. Tidak jarang orang yang akhirnya mengalami kegagalan ketika bekerja sambil menjalankan sebuah bisnis karena tidak mampu fokus menyelesaikan keduanya. Tidak sedikit pula seorang karyawan yang rela mencuri-curi waktu untuk mengurus bisnisnya ketika sedang bekerja.

Keberadaan e-commerce tentu memudahkan siapa saja untuk memulai bisnis dari rumah bahkan hanya dengan berbekal smartphone. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh para ibu, khususnya untuk mereka yang ingin mengembangkan jiwa entrepreneur, adalah dengan membangun bisnis. Namun seringkali modal menjadi kendala utama yang membuat mereka berhenti untuk memulainya.

Saat ini ada banyak sekali bisnis yang bisa dilakukan didalam rumah, atau dengan bantuan media internet. Seorang IRT tentu saja bisa menjadi pengusaha untuk menambah pemasukan keluarga. Bahkan tidak jarang kamu bisa menjadikan bisnis ini sebagai bisnis utama yang menghasilkan pendapatan lebih besar dibandingkan suami. Bantu anak untuk melatih kemampuan pengaturan waktunya, terutama antara sekolah, tugas, bermain dan bersosialisasi, istirahat, dan bekerja. Meski begitu, dengan bekerja dari rumah ini tentu akan memiliki suasana yang berbeda dengan bekerja di kantor.

Cara pemasarannya cukup ke lingkungan orang-orang sekitar atau komunitas yang Anda kenal. Dari mereka-mereka lah usaha Anda akan mulai dikenal masyarakat luas. Menjahit butuh keahlian khusus dan tidak semua orang bisa melakukannya. Dibutuhkan kesabaran dan ketelitian yang tinggi dalam pengukuran hingga menjadi pakaian yang diinginkan.

Bekerja sambil menjaga anak dari rumah

Untuk itu pastikan Anda memiliki jadwal khusus untuk liburan bersama keluarga. Hal ini akan membangun sebuah hubungan yang baik dengan keluarga, khususnya anak Anda. Hal ini terkesan ‘remeh’ tetapi sangat deadly akibatnya jika diabaikan.

Hal ini bisa menjadi alasan untuk membuka jasa pencucian baju alias laundry. Gak jarang jasa laundryini akan laku keras di daerah kampus atau padat kos-kosan. Jika kamu tinggal di daerah padat penduduk seperti ini, kamu bisa coba dirikan usahalaundry. Sebagai awalan, tawarkan jasa kateringmu pada tetangga kompleks rumah, misalnya teman arisan atau kelompok pengajian. Kamu bisa mengambil kesempatan sebagai “pemenang tender” untuk makanan-makanan yang disajikan. Nah, kamu bisa mengerjakannya di dapur rumah sembari minta bantuan beberapa tenaga tambahan.

Jika tidak memasak sendiri, sebagai executive chef, Andalah yang bertugas menyusun menu dan mendelegasikannya ke juru masak. Tak lupa Anda melatih juru masak agar dapat menghidangkan menu makanan yang enak, tampilan yang menarik, dan menyehatkan. Misalnya bagi mereka yang tetap menggunakan gadget sampai larut malam yang akhirnya mengganggu waktu tidur. Menciptakan batasan dengan orang lain bisa menjadi lebih sulit jika mereka berpikir anda perlu segera merespon kapan saja mereka menghubungimu. Menciptakan batasan dengan diri sendiri juga merupakan hal yang sulit ketika kamu sedang merasa kurang termotivasi.

Gadis cantik berhijab ini mengaku sangat senang menjalani profesi sebagai bidan, yang dituntut harus selalu mengutamakan kondisi ibu dan juga bayi saat dilahirkan. Cobalah untuk mengoordinasikan kepada atasan Anda di perusahaan untuk dapat mengubah sistem kerja Anda menjadi freelance. Sesuaikan jadwal-jadwal tersebut dengan waktu bekerja Anda di kantor dan juga mengurus bisnis.

Memiliki kemampuan berbicara di depan umum dan bisa membawa diri dengan orang baru merupakan salah satu sisi positif seorang wanita karir. Seorang wanita karir seringkali lebih memperhatikan penampilannya untuk meningkatkan rasa percaya dirinya. Penting bagi seorang wanita untuk memperhatikan penampilan saat bekerja. Penampilan merupakan aset yang harus dijaga untuk mendukung pekerjaannya. Tentu saja penampilan wanita karier harus sesuai dengan norma-norma yang ada.

Timbul perasaan tak tega meninggalkan bayi mungilnya di rumah setiap hari, sementara ia meniti karier di luar rumah. Apalagi lokasi rumah dan kantornya sangat jauh, sehingga setiap hari ia harus berangkat pagi-pagi sekali agar dapat tiba di kantor sebelum pukul delapan, dan baru kembali ke rumah malam hari. Menjadi nyaman itu penting, begitu pula memisahkan pekerjaan dan kehidupan secara fisik. Namun, sulit untuk memisahkan sepenuhnya jika Anda tinggal di ruang kecil yang saat ini ditempati oleh anggota keluarga lain. Seharusnya Anda berdua sudah tahu tanggung jawab sebagai orang tua yang harus mengurus anak-anaknya. Bila Moms harus terus meminta pertolongan suami, ini bisa menjadi tanda bahwa suami Anda tidak cukup membantu Anda saat mengurus Si Kecil.

Rinda