Tips Untuk Kamu Yang Kuliah Dan Bekerja Di Waktu Bersamaan

Urbanhire – Jika kamu adalah seorang fresh graduate atau kamu baru saja lulus SMU, kuliah dan kerja adalah topik yang menjadi perbincangan antara kamu dengan ortu atau dengan teman-temanmu. Memang biasanya di tahap ini kamu pasti memikirkan tentang karir dan kuliah. Atau juga di waktu yang bersamaan kamu ingin menghasilkan uang untuk biaya kuliah dan ngekost agar tidak membebani orang tua. Sebuah artikel yang dipublikasikan oleh Harvard Extension School menunjukkan penelitian yang dilakukan oleh Georgetown University . Dalam riset tersebut, mereka menangkap bahwa banyak orang membutuhkan pekerjaan penuh waktu sembari menyelesaikan pendidikan tinggi mereka. Mereka bekerja bukan hanya untuk membantu membayar uang sekolah, tapi juga untuk biaya hidup, seperti makan dan tempat tinggal.

Salah satu perpustakaan universitas tersebut, Perpustakaan Filologi, dirancang menyerupai bentuk otak manusia oleh arsitek asal Inggris Norman Foster. Ika menikmati suasana kerja di restoran Winzerhof Körtgen karena rekan kerjanya seperti keluarga. Pemilik restoran bahkan membantu Ika dalam proses perpanjangan visa. Di jurusan ini, Ika belajar penerapan dan penggunaan peralatan medis, seperti mesin MRI.

Di awal masa kuliah, Ika rajin mencari-cari informasi lowongan kerja, tapi ia mencari bukan hanya di mading kampus melainkan juga melalui internet. Pekerjaan di restoran yang dilakukannya kini ia dapatkan melalui situs “Agentur für Arbeit”, agen resmi penyaluran tenaga kerja Jerman. Menurut slot terbaru 2021 Pratiwi, meskipun kuliah sambil bekerja membawa dampak positif, namun tidak boleh dijadikan alasan untuk tidak mengerjakan tugasnya sebagai mahasiswa. Sebaliknya, pada saat bekerja harus bisa disiplin dan profesional. Kuliah jangan dijadikan alasan melalaikan tugasnya di tempat kerja.

Hal ini mungkin tidak menjadi masalah jika orang tuamu bersedia menanggung biaya perkuliahan. Namun, jika tidak, mungkin kamu akan mengalami beberapa kendala finansial ke depannya. Sementara Alldo biasa mengejar waktu pulang kantor ke tempat kuliah begitupun sebaliknya menggunakan ojek online. Dengan jadwal kuliah dari pukul 19.00-21.00 WIB, Alldo selalu berusaha menyempatkan diri membaca buku kuliah dan buku terkait pekerjaan. Bagi Alldo, menuliskan rencana mingguan berisi agenda pekerjaan maupun tugas kuliah yang harus diselesaikan dalam seminggu adalah hal pertama yang harus dilakukan.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Dalam kondisi ini kalian akan disuguhi tentang berbagai macam ajakan dari teman-teman. Oleh karena itu tentunya kalian harus mampu menolak ajakan itu dengan alasan yang rasional dan bisa diterima oleh teman kalian serta tidak menyinggungnya. Hal inilah yang kadang kala merasa berat bagi sebagian orang untuk melakukannya. Melakukan kuliah sambil bekerja membuat waktu luangmu sangat berkurang. Untuk itu kalian harus benar-benar mampu membuat agenda harian secara rutin serta selalu menjaga konsistensi.

SMP dan SMA kurikulum nasional di Indonesia menerapkan sistem di mana guru mendatangi kelas sesuai dengan jadwal pasti yang tidak dapat dipilih. Sementara saat kuliah, kamu akan memilih sendiri siapa dosen dan jadwal mata kuliah yang diajarkan. Hal tersebut membuatmu seringkali memiliki jeda waktu antara satu mata kuliah dengan mata kuliah lainnya di hari tersebut.

Chip