Modal Rp 500 Ribu, Mantan Pedagang Bakso Kini Beromzet Rp 25 Juta

Jangan lupa untuk menyiapkan bahan utama daging, blender daging, gelas, kompor, dan pancir yang berisi air atau kuah panas. Namun belakangan, usaha bakso bakar mulai menurun popularitasnya. Bukan karena pasar tidak lagi tertarik dengan produk camilan ini.

Berawal dari penjual bakso keliling, Abdul Rachman Tukiman yang akrab disapa Cak Man memulai berjualan Bakso di kota Malang. Namun berkat kerja keras dan keuletan, beliau dapat membuka gerai Bakso Cak Man hampir di setiap daerah di Indonesia. Sedangkan keunggulan dan inovasi produk, Wawan membuat bakso dengan menggunakan daging dan ayam yang masih fresh Deposit Pulsa Tanpa Potongan, sehingga bakso dan mie ayam yang dibuatnya terjamin gizinya. “Inovasi yang saya buat dengan membuat beragam bakso yaitu bakso rusuk, bakso iga, bakso beranak, bakso lava dan bakso jumbo. Untuk mie ayam masih seperti mie ayam pada umumnya namun jangan tanya soal rasa karena rasanya yang maknyusss,” katanya.

Memulai berjualan bakso

“Merantau ke Solo cari modal dulu ikut orang jadi buruh di pabrik,” ujar dia. Sebelum nyemplung ke dunia kuliner yang khas dengan Wonogiri itu, dia di Solo menjadi buruh untuk mengumpulkan modal. Di langkahnya yang renta, jalannya tak setegak kala muda, masih mampu mendorong gerobak untuk jualan. “Ya senang saja dari pda di rumah tidak ada kerjaan, mending saya jualan menyalurkan hobi saya dapat uang,” ujarnya. Saya mengikuti nasihat beliau, yaitu untuk fokus di satu bisnis dahulu sebelum terjun ke bisnis lain, dan besar dengan gaya kemitraan.

Diperlukan sebuah perencanaan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh dalam usaha bakso. Langkah awal dalam perencaan usaha bakso adalah melakukan analisa usaha bakso. Bertujuan untuk mengetahui bahan dan peralatan apa saja yang dibutuhkan serta mengukur berapa besar modal yang harus dikeluarkan. Melihat begitu potensialnya makanan bakso, mendirikan usaha bakso bisa menjadi pilihan usaha yang menguntungkan. Kuntungan yang bisa diperoleh berlipat-lipat dari modal awal jika kita mampu menjalankan usaha bakso dengan baik. Terus pertanyaanya adalah bagaimanan caranya menjalankan usaha bakso dengan baik, apalagi bagi pemula yang masih minim pengalaman di usaha ini.

Selain itu manfaatkanlah kemitraan merchant di aplikasi ojek on-line. Hal ini akan sangat efektif untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Serta sudah tentu akan lebih memudahkan konsumen untuk bisa menikmati bakso tusuk yang kamu jual dengan lebih praktis. Memang benar, bahwa usaha bakso ini sudah sangat biasa di Indonesia, tapi peluang usaha kuliner bakso ini sebenarnya masih terbuka lebar bagi yang mau serius mencobanya. Karena hampir semua masyarakat di Indonesia sudah sangat familiar dengan makanan yang satu ini. Meskipun sudah menjamur orang-orang yang terjuan dalam bisnis kuliner ini, tapi anda tidak perlu khawatir, masih banyak celah bagi anda untuk juga bisa sukses di dalamnya.

Cara bisnis kuliner online adalah cara pemasaran yang paling sering dipilih oleh pengusaha untuk dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Untuk jualan produk makanan secara online pertimbangkan terlebih dahulu ketahanan makanan, cara pengirimannya dan pengemasannya. Jangan sampai produk makanan Anda malah rusak saat proses pengiriman. Lokasi berjualan bakso jadi salah satu poin penting yang wajib diperhatikan, bahkan untuk segala jenis usaha kuliner atau usaha lainnya.

Rinda