Mardani H Maming Berharap Mahasiswa Ui Termotivasi Jadi Pengusaha Muda

Memulai usaha sejak kamu masih duduk di bangku kuliah justru memberimu banyak keuntungan. Saat ini banyak financial institution berlomba menggelar kompetisi wirausaha untuk mahasiswa, sehingga kamu bisa mendapat suntikan modal dari sana dengan ide usahamu yang unik. Selain itu, menumbuhkan usaha kecil-kecilan sejak kuliah juga bisa membuatmu punya pekerjaan pasti saat sudah lulus kuliah nanti. Ia menegaskan sebagai generasi muda, termasuk mahasiswa, memiliki potensi besar untuk terjun dan menjalankan wirausaha sehingga dapat merdeka secara finansial. “Menjadi mahasiswa tidak hanya dicetak untuk menjadi pekerja kantoran. Tetapi juga bisa menjadi wirausaha, karena jika menjadi pekerja atau karyawan harus kerja keras, sekalipun kita dibayar terbatas berbeda halnya pengusaha yang tak terbatas,” ungkapnya.

Artinya bermanfaat pasti akan lebih luas bila banyak yang memanfaatkan itu,” terang pengajar di kampus favorit di Semarang itu. Kadang mahasiswa bilang, ‘Maaf Bu karena saya tidak turunan dari keluarga pengusaha, maka tidak bisa ’,” kata perempuan berparas cantik itu, baru-baru ini. Lebih jauh, Orland menambahkan, dia banyak merasakan manfaat mengikuti BEC saat masa perkuliahan. “Apalagi sedang berkembang saat ini bisnis berbasis digital. Menjalankan bisnis ini juga membutuhkan bimbingan agar bisa terus naik usahanya,” tambahnya. Menurutnya, dengan ikut bergabung di BEC Unikama, manfaat yang didapatkan antara lain mampu merubah mindset mahasiswa untuk terus berinovasi dan menciptakan karya-karya baru agar bermanfaat bagi masyarakat luas. MALANG – Universitas PGRI Kanjuruhan Malang kian getol menyiapkan diri guna mewujudkan kampus unggul di tahun 2025 lewat berbagai program.

Wirausaha serta usaha kecil memberikan lapangan kerja yang cukup besar sehingga dapat memberi kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi. Biasanya generasi muda bergaul dengan teman-teman sepantarnya yang satu Visi dan Misi terutama dalam hal bersenang-senang, cobalah menambah pergaulan kedunia pengusaha. Untuk itu, anda bisa ikut dalam organisasi-organisasi atau komunitas enterpreneur, mengapa anda haru masuk ke komunitas komunitas pengusaha ? Yaitu supaya anda lebih banyak belajar, bagaimana cara memulai, dan mempelajari pengalaman pengalaman pengusaha yang suidah terjun kedunia bisnis, anda hanya melanjutkan bukan memulai dari nol. Sebelum memilih jurusan perkuliahan, banyak orang pasti memiliki visi dan misi atau pertimbangan tertentu.

Mahasiswa bisa menjadi jembatan penghubung antara UKM dengan penyandang dana. Terlepas dari besarnya potensial mahasiswa untuk mengembangkan UKM secara berkualitas dan mendukung bagi khalayak umum. Melihat strategisnya keberadaan UKM tersebut dan potensialnya dalam perbaikan ekonomi msyarakat Indonesia, maka pengembangan dan pembinaan terhadap UKM-UKM ini senantiasa perlu dilakukan. Kemajuan yang dicapai oleh usahanya pun kebanyakan lebih dikarenakan adanya faktor pengalaman. Dalam kaitan dengan Industrial Revolution four.0 dan kewirausahaan, PNP sebagai pendidikan vokasi dituntut menghasilkan tenaga terampil dan terdepan dalam pembangunan industri.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Anisa, panggilan akrab Hestyriani Anisa Widyaningsih, menyampaikan bahwa generasi muda, termasuk mahasiswa, memiliki potensi besar untuk terjun dan menjalankan wirausaha. Last but not least, kita butuh modal finansial untuk memulai kegiatan wirausaha, bisnis, atau entrepreneurship. Namun untuk menjadi entrepreneur yang sukses, modal finansial bukan segala-galanya.

“Hipmi dan Kemenpora membantu untuk mendorong kebijakan yang pro pengusaha pemuda, seperti memudahkan pinjaman kredit financial institution untuk pengusaha muda. Selain itu, Hipmi berperan di FIFA U-20 untuk meningkatkan hype di kalangan pemuda,” pungkasnya. Dari Pengalaman, negara yang berhasil pulih dari krisis ekonomi dengan cepat adalah negara yang memiliki usaha kecil menengah dalam jumlah yang banyak. Sehingga solusi untuk keluar dari krisis adalah uhasa kecil menengah bukan perusahaan besar.

Berdasarkan information Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia , pertumbuhan industri ritel pada kuartal I tahun 2018 mencapai 7-7,5 persen dan berkontribusi hingga 60 persen untuk perekonomian nasional. Peritel yang berbasis UKM ini juga memberi dampak terhadap kualitas hidup masyarakat di sekitarnya, antara lain melalui penyerapan tenaga kerja. Usia muda dengan gairah dan semangat pemberontakan Daftar Situs Judi Slot Terpercaya 2021 perlu difasilitasi pemerintah agar aspirasi mahasiswa bisa didengar, syukur bisa mengubah arah kebijakan yang dianggap keliru. Mereka hanya memperjuangkan peran dan eksistensi mahasiswa di hadapan publik mengenai kondisi politik dan sosial. Nantinya aturan dari program ini mengatur calon mahasiswa agar tidak perlu mengambil seluruh satuan kredit semester pada program studi yang diminati.

Negara juga harus hadir memfasilitasi perizinannya,” tambah Bahlil. Beliau berharap dengan adanya ITP para mahasiswa dapat menjadi Entepreneur. Dibidang pertanian dan peternakan bisa saling berkaitan, kotoran dari ternak dapat diolah menjadi pupuk sedangkan limbah dari pertanian dapat dijadikan makanan bagi ternak. “Kita concern dengan memberikan muatan sebagai seorang wirausaha, yang berpikir bagaimana bisa mendayagunakan apa yang dimiliki. Jadi mahasiswa-mahasiswa kita betul-betul digembleng di kawah Candradimuka, dididik menjadi seorang wirausaha.

Rinda