Kuliah Sambil Bekerja, Di Ptn Atau Pts?

Ketika kamu ingatkan tentang rentang ability yang mahasiswa butuhkan untuk memasuki dunia kerja, termasuk di dalamnya kemampuan bahasa Inggris, hampir semua mahasiswa terpana. Mayoritas mahasiswa yang mengambil 20 SKS, masih mempunyai sekitar 20 jam waktu tersisa dalam satu minggunya, apabila asumsinya waktu efektif adalah 40 jam dalam seminggu. Jadwal kegiatan sehari hari secara pribadi misalnya, sangat bermanfaat bagi kamu mahasiswa yang bisa dijadikan sebagai pengingat dan pengatur kegiatan untuk beberapa hari ke depannnya. Ini penting juga, intinya kalian haru cari waktu yang rileks udah itu aja titik.

Dalam hal waktu dan tempat, sistem perkuliahan online lebih fleksibel karena bisa dilaksanakan kapan saja dan dari mana saja. Atur ulang jadwal yang telah dimiliki dan sediakan 2-three jam per hari sebagai komitmen untuk belajar setiap hari. Anggaplah hal tersebut seperti pekerjaan rumah yang wajib dilakukan.

Jika memang Anda sedang berada di dalam waktu untuk bekerja, maka selesaikanlah pekerjaan tersebut hingga tuntas dan tidak ada lagi beban pekerjaan di dalam pikiran Anda. Bila memang sudah saatnya Anda untuk mengurus bisnis, maka selesaikan urusan bisnis tersebut. Tembak ikan Ingat kemampuan manajemen pikiran seperti ini pun sangat dibutuhkan ketika Anda sedang menjalankan kedua peran seperti ini. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menunjuk orang tersebut sebagai seseorang yang dipercaya untuk mengelola keperluan bisnis Anda lainnya.

Tanya juga ke diri kamu, apakah pekerjaan ini bisa didelegasikan dengan teman atau rekan kerja? Kerja sampingan memang akan memberikan kamu dana lebih yang bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan kamu sekaligus membantu kamu untuk jadi lebih mandiri. Tapi, perlu kamu ingat, tugas utamamu sebagai mahasiswa adalah menyelesaikan kuliahmu. Jangan sampai karena keasyikan mengumpulkan uang dari pekerjaan membuat waktu kuliahmu terganggu, atau membuatmu meninggalkan pelajaran kuliah. Soal keuangan kamu memang nggak bisa selamanya bergantung sama orang tua kamu.

Ingat, kamu cuma punya 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu, ga kurang ga lebih. So, simply be discipline dan lakukan semua pekerjaan sesuai porsinya. Selain membuat kegiatan menjadi efisien, kamu juga harus disiplin waktu.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Anda dapat fasilitas untuk bekerja di rumah dan lain sebagainya. Ingat pada saat Andainternship, Anda bekerja untuk belajar, bukan untuk mendapatkan gaji besar. Pilih pekerjaan yang memberikan banyak kesempatan untuk Anda belajar banyak, bukan perusahaan yang menawarkan gaji besar .

Chip