Boy Thohir Dan Jalan Panjang Jadi Pengusaha Tambang

Calon pengusaha harus yakin dan bersikap optimis, walaupun kadang terjadi kegagalan. “Kita harus mulai memiliki mimpi yang besar, visi yang besar, dan harus diimbangi dengan kerja keras. Karena banyak dari kita hanya bermimpi, namun malas untuk melakukan,” ungkapnya. Alumnus IPB University dari Fakultas Peternakan itu pun berkisah mengenai pengalamannya selama berkecimpung di perusahaan yang bergerak di bidang pakan ternak, pengolahan limbah non B3 , dan domba. “Banyak perusahaan yang gagal dan mengalami kebangkrutan maupun stagnansi karena kurang berpikir sistematis.

Meskipun seminar, workshop, atau buku tersebut diisi oleh orang-orang terkenal, pastikan topiknya benar-benar yang kamu butuhkan. Biasanya hal-hal yang dibahas di seminar dan workshop tersebut seperti ini, “jangan kerja keras, harus kerja cerdas”, “harus berani ambil resiko”, “jangan takut gagal”, “kejar passion anda”. Misalnya, orang yang berjualan pulsa tapi tidak melakukan apapun selain berjualan pulsa. Atau yang menjual tiket pesawat, tapi tidak melakukan apapun selain berjualan tiket pesawat. Kalau setelah lulus nanti kamu ingin menjadi pengusaha, maka sekaranglah waktu terbaik untuk mulai.

Tidak ada alasan legal, finansial atau pengetahuan yang mencegah mahasiswa untuk mulai menjalankan bisnis yang berpeluang tumbuh menjadi sebuah perusahaan besar di kemudian hari. Internet telah menjadi akses untuk mendapatkan informasi dan finansial sehingga menghilangkan hambatan dalam membentuk bisnis baru. Ia mengisahkan sewaktu muda, sambil sekolah tak malu berjualan bensin eceran dan malam hari menjadi tukang tambal ban di bengkel milik pamannya. Usahanya dimulai dari menjadi penjual ritail kecil sampai akhirnya dipercaya menjadi distributor salah satu operator seluler.”Kalau adik- adik mau jadi kaya jadilah pengusaha atau wirausaha. Adik -adik harus punya semangat pembaharuan dan selalu mengikuti perkembangan,” himbaunya dihadapan peserta yang merupakan anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Kerja keras dan kerja cerdas dapat memastikan keberhasilan, tapi Chairul mengatakan memberi atau sedekah dapat memudahkannya.

Ia mengaku terpaksa memberhentikan sementara aktivitas produksi simping sejak tiga pekan terakhir karena jumlah daya beli masyarakat menurun. Sumber pendanaan yang masih terbatas sehingga banyak sekolah yang akhirnya memilih untuk bertahan dengan kondisi apa adanya, tidak kreatif mencari sumber dana yang lebih serius. Kurangnya ide-ide, terobosan dan inovasi dari sekolah terhadap penyelenggaraan ekonomi kreatif yang dikembangkan. Masih monoton dan kadang-kadang kurang fokus dengan pengelolaan maupun targetnya.

Menjadi pengusaha sambil sekolah

Bagi kamu yang suka eksis di social media, khususnya Instagram, kamu bisa menjadi seorang selebgram. Hanya dengan bermodal jumlah followers yang banyak dan engagement yang cukup besar, kamu bisa menjadi seorang selebgram. Kamu bisa mulai dengan membuat content material yang menarik dan mengundang banyak interaksi untuk meningkatkan followers dan engagement. Setelahnya, kamu hanya perlu menunggu brand atau bisnis meminta bantuan kamu untuk mempromosikan produknya. Untuk penghasilan, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Untuk memulai bisnis pulsa atau menjual paket Internet, kamu hanya memerlukan koneksi.

Menurut beliau semakin banyaknya jumlah lulusan SMK setiap tahunnya sementara tenaga kerja SMK yang diserap dunia industri semakin berkurang. Oleh karena itu perlu, dibuat strategi alternatif agar lulusan SMK nantinya bisa lebih mandiri setelah lulus dari sekolah meskipun tidak dapat bekerja di dunia Industri. Program Technopark ini sangat baik untuk mendukung program kewirausahaan di siswa SMK. Penerapan otomasi di dunia industri menjadi penyebab banyaknya tenaga kerja SMK yang tidak terserap karena tenaga manusia telah tergantikan oleh mesin robotic. Pengembangan inovasi kewirausahaan ini bisa menjadikan lulusan SMK mempunyai kemampuan mengembangkan bisnisnya sejak usia dini. Diawali dengan yel-yel SMK Bisa, SMK Hebat, SMKN 36 Luar Biasa!!!

Jadi, sudah tahu bisnis apa saja yang ingin kamu jalankan? Segera ambil kesempatan secepat mungkin untuk mendirikan usaha sampingan pribadi. Selain menambah tabungan masa depan, bisnis ini merupakan hal yangrendah risikoloh. Ayo, saatnya pelajar mulai membangun bisnis dan jadi bagian dari young permainan online entrepreneur Indonesia.

Chip