Berani Melanjutkan Kuliah S2 Sambil Bekerja?

Jadi kalau kamu merasa lelah karena pekerjaan yang datang tanpa henti, kuliah pascasarjana sebaiknya tidak menjadi prioritas utamamu. Lagipula, kamu pasti tidak akan punya energi untuk menulis berbagai esai untuk mendaftar kuliah. Kuadran ini berisi hal-hal yang tidak penting namun tetap harus dikerjakan. Contohnya adalah follow up jadwal rapat lewat telepon atau e-mail, kumpul dan diskusi dengan teman kuliah atau rekan kerja, dll.

Dengan strategi yang matang dan disiplin yang tinggi bukan nggak mungkin kalau dua kegiatan ini justru akan saling mendukung. Saat kamu memutuskan untuk kuliah sambil kerja, ada baiknya kamu terlebih dahulu mendiskusikannya dengan atasan dan tim di tempat kerja. Untuk tahu mana yang penting dan tidak serta pos pengeluaran mana yang bisa dihapus, lakukan seleksi pada pengeluaranmu. Kemudian, alokasikan uang lebih banyak untuk pengeluaran yang menjadi prioritas.

Jangan sampai segala urusan terbengkalai karena kamu keliru menentukan prioritas. tugas yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu, agar enggak ada yang terlupakan dan memudahkan pola bekerja yang lebih terstruktur. Alhasil kamu jadi lupa dengan tugas lainnya yang belum selesai dan konsentrasimu jadi terpecah. Mahasiswa yang bekerja akan terbawa suasana tempat kerja yang profesional.

Teori yang didapatkan dari kampus bisa langsung diaplikasikan di tempat kerja. Di sisi lain dengan pengalamanmu bekerja di bidang tersebut, kamu jadi lebih mudah juga memahami materi yang diajarkan di kampus. Pekerjaan sambilan sebagai mentor di lembaga pendidikan atau memberikan les dari rumah ke rumah bagi siswa SMP atau SMA juga bisa kamu jadikan sebagai pilihan lho. Apalagi dengan kondisi pandemi yang seperti sekarang, banyak orang tua yang membutuhkan mentor atau guru les bagi anak-anaknya.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Kamu tidak perlu khawatir mengenai biaya kuliah dan bisa kuliah gratis. Selain itu, uang beasiswa juga bisa dipakai untuk berbagai keperluan saat menempuh pendidikan. Cara Tembak ikan mengatur uang hasil kerja untuk kuliah salah satunya hentikan pengeluaran yang tidak penting. Kerja sambil kuliah akan membutuhkan banyak uang dalam periode waktu yang tidak sebentar.

Para stakeholders, teman, keluarga, hingga mitra bisnis dan pelanggan, bahkan dosen pasti berlomba-lomba mendapatkan waktu kamu. Ini tidak mudah untuk mencapai keseimbangan antara pekerjaan, kehidupan pribadi, dan kuliah. Mengerjakan sesuatu dengan terburu-buru dan kemudian segera menyelesaikan pekerjaan lainnya setelah itu bisa saja membuat Anda jenuh dan tidak memiliki jeda yang cukup. Jangan lakukan hal ini sebab akan menjadi kebiasaan yang melelahkan dan membosankan. Ambil jeda dan juga udara segar sebelum akhirnya mengerjakan pekerjaan lainnya.

Membuat planning harian dengan cara mencatat apa saja yang akan kamu kerjakan besok, dapat membuat tubuh dan pikiranmu selangkah lebih siap. Gunakan waktu sebaik-baiknya terutama untuk belajar dan berkomunikasi dengan keluarga, teman, atau kolega. Semua akan berjalan baik kalau kamu bisa menyeimbangkan waktu kegiatan. Alasan mengapa pekerja memiliki batasan bekerja forty jam per minggu, dan libur 12 kali setahun adalah untuk menghindari kelelahan bekerja.

Chip